OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Bagaimana Mempertahankan dan Meningkatkan Kepuasan Konsumen?
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Dec 16, 2021

Bagaimana Mempertahankan dan Meningkatkan Kepuasan Konsumen?

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

“Mempertahankan lebih sulit dibandingkan dengan mendapatkan” adalah suatu peribahasa yang mungkin relevan dengan keadaan bisnis untuk saat ini. Nyatanya, mempertahankan konsumen atau bahkan menjadikan mereka sebagai konsumen yang loyal bukanlah perkara mudah.

Sebuah loyalitas konsumen memang sangat mahal harganya, apalagi di era pasar bebas seperti saat ini, dimana persaingan bisnis semakin ketat dan konsumen juga semakin cerdas dalam memilih produk yang mereka butuhkan.

Era Pasar Bebas dan Perkembangan Teknologi

Era pasar bebas menjadi titik awal “gairah” persaingan bisnis yang semakin tinggi, ditambah dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat yang secara tidak langsung menuntut para pebisnis untuk terus berinovasi, agar bisnis mereka tetap eksis di pasar. 

Banyaknya kompetitor baru yang bermunculan dengan model bisnis yang sama, juga menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis yang sudah terlebih dahulu eksis di pasar. Selain dituntut untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen, mempertahankan konsumen dan mengkonversi mereka (red. konsumen) menjadi loyal konsumen sebuah bisnis merupakan tantangan terberat di era seperti saat ini.

Cara Mempertahankan dan Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, terkadang memang menjadi isu tersendiri dalam bisnis, terutama hal yang berkaitan dengan cepatnya adaptasi. Namun, ternyata perkembangan teknologi yang begitu cepat juga dapat menjadi solusi, khususnya tentang bagaimana mempertahankan konsumen di tengah ketatnya persaingan bisnis masa kini.

Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kepuasan konsumen pada sebuah bisnis.

Pastikan Produk Memiliki UVP yang Jelas

Penting bagi sebuah produk memiliki UVP yang jelas. UVP atau unique value proposition sendiri merupakan ciri khas yang membedakan antara produk yang satu dengan produk yang lainnya. 

Dengan UVP yang jelas, suatu produk akan mudah diingat oleh pelanggan, UVP yang jelas juga dapat membantu Anda dalam menentukan siapa sebenarnya yang menjadi target market dari produk Anda. Dengan begitu Anda dapat menciptakan produk yang benar - benar sesuai kebutuhan konsumen, sehingga konsumen pun akan puas dengan setiap produk yang Anda ciptakan.

Terus Tingkatkan Pelayanan Konsumen

Meningkatkan kepuasan konsumen tidak hanya berasal dari produk yang diciptakan saja, lebih dari itu pelayanan konsumen juga menjadi salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan “kesetiaan” konsumen pada produk dan bisnis Anda. 

Dalam hal ini customer service memiliki peranan krusial, terutama dalam melayani segala bentuk keluhan maupun kebutuhan konsumen yang lainnya. Dengan respon layanan yang baik, konsumen akan semakin nyaman dan betah dalam menggunakan produk.

Selain layanan customer service yang harus terus ditingkatkan, membuat program khusus untuk konsumen juga dapat membantu Anda meningkatkan loyalitas konsumen. Program pelanggan seperti program loyalitas, promo khusus pelanggan, atau menciptakan produk khusus untuk konsumen lama yang telah menggunakan produk Anda, bisa menjadi strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Membuat Bisnis Anda Lebih Dekat Lagi

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan membuat suatu komunitas, event baik online maupun offline. Selain dapat menjadi wadah bagi konsumen Anda untuk mengenal satu sama lain, event tersebut juga dapat membuat konsumen Anda menjadi lebih dekat dengan bisnis Anda.

Hal positif lainnya adalah Anda bisa meminta feedback secara langsung kepada konsumen Anda mengenai produk yang Anda tawarkan pada mereka (red. konsumen), sehingga kedepannya Anda bisa menciptakan produk yang benar - benar sesuai kebutuhan mereka.

Sediakan Platform Komunikasi yang Mumpuni

Penting bagi sebuah bisnis memiliki media atau platform yang menjadi penghubung antara mereka (red. bisnis) dengan konsumen. Dan di era digital seperti saat ini, platform digital bertransformasi menjadi sebuah kebutuhan yang “wajib” ada untuk bisa mengembangkan bisnis lebih jauh lagi.

Platform digital seperti website, aplikasi mobile hingga sosial media dianggap sebagai media yang cocok untuk menghubungkan bisnis Anda dengan target konsumen Anda. Selain menjadi media informasi bagi konsumen mengenai bisnis Anda, platform digital juga dapat Anda gunakan sebagai media promosi produk terbaru Anda.

Tak hanya sebatas itu, platform digital juga dapat dijadikan sebagai platform diskusi, baik antara konsumen atau konsumen dan customer service Anda, sehingga hal itu bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda. 

Bagi konsumen sendiri, kehadiran platform digital akan sangat memudahkan mereka, ketika mereka membutuhkan detail dari suatu informasi mengenai produk. Selain itu konsumen juga menganggap platform digital jauh lebih fleksibel dan praktis.

Menghadirkan platform digital seperti website atau aplikasi mobile tidak hanya berfungsi untuk menjangkau lebih banyak konsumen bagi bisnis Anda, namun juga dapat berfungsi sebagai media untuk meningkatkan kepuasan konsumen Anda dengan menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi ataupun mencari informasi mengenai bisnis Anda.

Pentingnya Platform Digital Bagi Bisnis

Dengan segala manfaatnya, tak heran banyak perusahaan yang pada akhirnya mengadopsi website atau aplikasi mobile untuk mempertajam strategi pemasaran mereka, dan tentunya meningkatkan kepuasan konsumen dengan menyediakan platform yang mudah mereka akses dengan cepat dan mudah.

Maka, jika bisnis Anda belum memiliki platform digital didalamnya, inilah saatnya untuk mentransformasi bisnis Anda ke arah digital dengan membangun platform digital seperti website atau aplikasi mobile untuk kebutuhan bisnis Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir jika dalam perusahaan Anda tidak terdapat divisi IT, Anda bisa menggunakan jasa dari perusahaan pengembang atau software house untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!