Data dari HootSuite dan We Are Social, menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 202.6 juta per Januari 2021. Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.
Hal itu yang kemudian menjadi salah satu pemicu, tumbuh suburnya bisnis online seperti saat ini, selain masuknya era pasar bebas yang berperan dalam mengubah arah roda bisnis modern.
Tidak cukup sampai situ, tren bisnis online kemudian mencapai puncaknya ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, yang kemudian turut andil dalam mengakselerasi tren bisnis online hingga saat ini.
Bisnis online memang terlihat begitu menggiurkan, apalagi setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk membangun bisnis online. Siapa pun dapat membangun bisnis mereka, dan kemudian “melemparnya” ke pasar online.
Namun yang menjadi pertanyaan kemudian adalah bagaimana caranya membangun bisnis online yang sukses di pasaran di tengah ketatnya persaingan bisnis seperti sekarang.
Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mensukseskan bisnis online Anda, diantaranya adalah sebagai berikut.
Pelajari Bagaimana Melakukan Branding dan Marketing
Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis, entah apapun bisnis Anda, ilmu branding dan marketing merupakan hal yang wajib untuk Anda ketahui, sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah bisnis online.
Penting bagi Anda untuk mempelajari dengan baik bagaimana melakukan branding, marketing hingga selling produk atau jasa yang akan Anda tawarkan pada target konsumen Anda.
Terus Berinovasi dan Membangun Koneksi yang Luas
Di era seperti saat ini, penting bagi Anda untuk terus berinovasi. Selain untuk dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan bisnis, dengan terus berinovasi maka produk atau jasa Anda akan terlihat lebih fresh di mata konsumen Anda.
Hal lainnya adalah Anda perlu membangun koneksi yang luas, sehingga brand Anda akan mudah dikenal oleh konsumen. Jangan takut untuk berkolaborasi dengan brand lain, jika kolaborasi tersebut memberikan efek positif pada bisnis Anda.
Jangan Cepat Merasa Puas
Banyak bisnis yang akhirnya gagal dan bangkrut karena business owner-nya cepat merasa puas dengan apa yang telah dicapai, padahal bisnis di era milenial seperti sekarang menuntut Anda untuk terus mengembangkan bisnis Anda, dengan selalu menciptakan ide - ide baru yang kreatif, agar nantinya bisnis Anda memiliki UVP yang bagus, sehingga bisnis Anda akan terus berkembang.
Jangan Ragu Untuk Berinvestasi Digital
Untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas, perlu adanya strategi pemasaran yang tepat.
Di era milenial dan pasar bebas seperti saat ini, sudah saatnya Anda berinvestasi digital pada bisnis Anda, khususnya investasi digital yang berguna untuk mengembangkan bisnis Anda lebih luas lagi.
Anda bisa mulai berinvestasi digital dengan membangun website, sebagai media penghubung antara bisnis Anda dan juga konsumen Anda. Lebih dari itu Anda juga bisa menerapkan strategi digital marketing seperti SEO, online advertising dan lainnya untuk mengakuisisi konsumen baru bisnis Anda.
Meskipun dianggap cara yang efektif, nyatanya untuk berinvestasi digital seperti membangun website dan mengimplementasi strategi digital pada sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah dan murah.
Anda memerlukan riset dan pengumpulan data terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membangun digital platform seperti website atau aplikasi mobile.
Dan seperti yang kita ketahui bersama, untuk membuat sebuah platform digital diperlukan tenaga IT untuk membangunnya. Yang menjadi kendala adalah ketika perusahaan Anda tidak atau belum memiliki tenaga IT untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan.
Maka bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house merupakan salah satu solusi praktis dan cepat untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan.
Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.
Mengapa Harus SoftwareSeni?
Berstandar Internasional
Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.
Tim yang Solid, Besar dan Profesional
Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.
Service yang Beragam
SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.
Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan
SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.
Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.
Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia
Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.