Membangun branding sepertinya masih menjadi PR utama bagi setiap perusahaan entah apapun model bisnisnya. Branding perusahaan merupakan faktor utama untuk mengembangkan bisnis dalam sebuah perusahaan.
Selain untuk mengembangkan bisnis, manfaat dari melakukan branding adalah
- Brand perusahaan Anda akan mudah dikenali , merupakan Strategi Branding yang tepat akan membuat brand Anda mudah diingat dan dikenali, bahkan oleh konsumen yang mungkin belum Anda jamah sebelumnya
- Dapat menempatkan bisnis Anda posisi yang kuat dalam industri. Untuk jangka panjang, branding akan menempatkan bisnis Anda pada posisi yang strategis dalam industri yang menjadi target market perusahaan Anda..
- Tingkat kepercayaan terhadap brand Anda akan meningkat. Brand yang dikenal secara positif akan lebih dipercaya dan lebih mudah menarik konsumen baru. Selain itu, konsumen lama juga akan lebih loyal untuk berbisnis dengan Anda jika kualitas dan citra brand dibangun dengan baik.
- Secara tidak langsung dapat meningkatkan profit perusahan. Branding yang tepat akan dapat meningkatkan profit perusahaan walaupun secara tidak langsung. Asumsinya jika produk atau layanan Anda sudah dikenal secara luas, maka sales pun akan meningkat.
Membangun branding berarti membangun kepercayaan konsumen terhadap produk, atau layanan perusahaan Anda. Konsumen yang puas dengan produk atau layanan Anda akan cenderung merekomendasikannya ke orang lain tanpa ada tendensi atau paksaan, dan hal inilah yang dapat menaikan profit perusahaan.
Bagaimana Membangun Branding Perusahaan?
Banyak cara untuk membangun branding di era teknologi seperti sekarang, perkembangan teknologi yang begitu cepat memberikan Anda banyak opsi untuk melakukan branding yang tepat. Social Media, Website, sampai Mobile App merupakan sarana atau media yang bisa Anda gunakan untuk mem-branding produk atau layanan Anda.
Salah satu media yang popular digunakan oleh suatu perusahaan untuk membangun branding mereka adalah company profile. Company profile dianggap masih cukup efektif untuk membangun awareness dan trust dari suatu perusahaan.
Company profile sendiri merupakan gambaran identitas dari suatu perusahaan yang tujuannya untuk memberikan kepada konsumen terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Secara sederhana company profile terdiri dari detail umum perusahaan (nama, alamat, nomor telepon & email), produk atau layanan yang ditawarkan, portofolio perusahaan, hingga testimoni konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut.
Mengapa Company Profile Penting Bagi Suatu Perusahaan?
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, company profile suatu perusahaan memiliki peranan untuk dapat meningkatkan awareness dan trust dari suatu perusahaan. Selain itu ada beberapa benefit lain jika Anda menggunakan company profile:
Mempererat Hubungan dengan Pelanggan
Salah satu hal terpenting dari sebuah bisnis adalah menjaga hubungan perusahaan dengan konsumen agar tetap erat.
Company profile akan membuat konsumen Anda menjadi lebih dekat dengan perusahaan Anda, karena dengan company profile, konsumen Anda akan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secara lebih akurat.
Hal ini juga akan secara tidak langsung akan menumbuhkan kepercayaan konsumen Anda terhadap perusahaan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan konsumen yang loyal dengan bisnis Anda.
Dapat Menjadi Media Pemasaran
Company profile juga dapat menjadi media pemasaran untuk produk atau layanan yang perusahaan Anda miliki.
Anda cukup “menggelar lapak” dengan menampilkan informasi mengenai produk atau layanan yang miliki pada halaman company profile perusahaan Anda. Dengan begitu, calon konsumen akan mendapatkan informasi yang jelas sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang perusahaan Anda miliki.
Memperkuat Branding Perusahaan
Hal yang tidak kalah bermanfaat dari company profile adalah dapat memperkuat branding dari perusahaan Anda.
Mengapa demikian? Pasalnya dalam company profile calon konsumen Anda akan tahu positioning perusahaan Anda, kelebihan dan keunggulan perusahaan Anda dibandingkan dengan perusahaan lain.
Anda juga bisa menempatkan testimoni dari konsumen Anda sebelumnya untuk memperkuat argumen jika perusahaan Anda adalah pilihan yang tepat bagi calon konsumen tersebut. Dari situlah branding perusahaan Anda menjadi lebih kuat.
Meningkatkan Brand Awareness perusahaan
Selain sebagai media pemasaran, company profile juga dapat memberikan edukasi bagi calon konsumen Anda terkait perusahaan dan produk atau layanan yang ditawarkan.
Hal itu tentu akan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda di mata calon konsumen Anda, sehingga mereka akan menjadikan perusahaan Anda sebagai salah satu opsi jika mereka nantinya akan membeli produk atau layanan yang Anda miliki.
Di era teknologi 4.0 company profile telah jauh berkembang, tidak hanya dalam bentuk paper namun juga dalam bentuk website. Banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan website sebagai media untuk merepresentasikan company profile mereka, ini dikarenakan website dapat menjangkau calon konsumen lebih luas. Penggunaan website juga dianggap lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan branding dari suatu perusahaan.
Faktor itulah yang kemudian banyak mendorong software house di Indonesia untuk menyediakan layanan jasa pembuatan company profile berbasis website. Dan SoftwareSeni merupakan salah satu dari sekian banyak software house di Indonesia yang menyediakan layanan jasa pembuatan website company profile secara profesional.
SoftwareSeni sendiri adalah software house yang berstandar Internasional yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan - perusahaan besar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi perusahaan tersebut.
Mengapa Harus SoftwareSeni?
Tim yang Solid, Besar dan Profesional
Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 180 staf profesional yang ahli di setiap bidangnya. Dengan jumlah staf yang besar dan solid, SoftwareSeni siap memenuhi segala kebutuhan digitalisasi perusahaan Anda.
Service yang Beragam
SoftwareSeni memiliki banyak layanan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan layanan - layanan unggulan yang ada di SoftwareSeni Indonesia.
Engagement Model yang Lebih Fleksibel
SoftwareSeni memiliki banyak engagement model yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.
- Seat Outsourcing: Staf yang berdedikasi khusus untuk project Anda
- Ad Hoc: Tim yang siap sedia untuk request satuan Anda
- Project-based: Tim professional untuk menyelesaikan target project Anda.
Telah Dipercaya oleh Perusahaan Besar Indonesia
Integritas dan profesionalitas tim SoftwareSeni telah dibuktikan dengan banyaknya perusahaan - perusahaan besar Indonesia mempercayakan projek digital mereka dan transformasi digital mereka pada SoftwareSeni. Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta adalah perusahaan - perusahaan yang telah mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.
Salah Satu Software House dengan Compliance Terbaik
Dengan standar internasional yang dimiliki SoftwareSeni, menjadikan SoftwareSeni salah satu software house dengan compliance terbaik di Indonesia.
Jika Anda ragu menggunakan pihak ketiga karena adanya kekhawatiran kebocoran data privasi perusahaan, maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan ketika berkolaborasi dengan SoftwareSeni.
SoftwareSeni akan menjamin kerahasiaan data perusahaan Anda. Tidak hanya itu source code dari produk digital Anda juga akan menjadi digital asset perusahaan Anda sepenuhnya.
Jadi apakah Anda tertarik untuk membuat company profile berbasis website bersama tim SoftwareSeni?