Kontrol dan evaluasi merupakan fungsi yang penting dalam manajemen untuk memastikan rencana kerja organisasi bisa berjalan dengan baik sehingga tujuan akhir organisasi bisa tercapai.
Untuk bisa melakukan fungsi kontrol dan evaluasi dengan baik dibutuhkan sistem manajemen kinerja yang baik. Sistem manajemen kinerja yang baik harus bisa menggambarkan proses bisnis yang terjadi dalam organisasi secara keseluruhan.Sistem manajemen kinerja dapat diukur menggunakan KPI (Key Performance Indicator) supaya memiliki tolok ukur kesuksesan yang baik pula.
Lalu, apa sebenernya arti dari KPI (Key Performance Indicator) dan apa pentingnya bagi sebuah perkembangan bisnis perusahaan?
Pengertian KPI
KPI (Key Performance Indicator) adalah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahaan dalam mencapai suatu tujuan bisnis. Perusahaan menggunakan KPI untuk mengukur kesuksesan pencapaian target mereka. Adapun beberapa karakteristik dari KPI yaitu:
- Ukuran Non-Financial
- Ukuran yang sering digunakan (Regular measurements)
- Ukuran yang diketahui oleh manajemen
- Semua orang yang ada di dalam suatu organisasi telah mengerti dan memahami KPI
- Tanggung jawab kepada individu dan tim
- Memiliki efek yang sangat signifikan
- Memiliki efek yang positif
KPI diukur dalam periode harian, mingguan dan bulanan. KPI yang baik merupakan suatu hal yang penting dan terus menerus mendapat perhatian dari manajemen. Ketika seseorang dalam sebuah organisasi menyimpang dari KPI, pihak manajemen dapat mengambil suatu keputusan dan memanggil orang yang bertanggung jawab.
Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas KPI
KPI hanya akan berguna jika ada tindak lanjut atas KPI itu sendiri. Sering kali perusahaan mengadopsi KPI yang populer digunakan dalam suatu industri, namun setelah itu bertanya-tanya mengapa KPI tersebut tidak merefleksikan kinerja perusahaan.
Dalam mengembangkan strategi untuk menyusun KPI, sebuah perusahaan harus memulai dari melihat tujuan dari sebuah organisasai, bagaimana cara untuk mencapainya dan siapa yang dapat mengambil tindakan berdasarkan informasi ini.
Salah satu cara membuat KPI yang relevan adalah dengan kriteria SMART. Kata ini adalah singkatan dari specific, measurable, attainable, relevant, time-bound. Untuk penjelasan mengenai hal-hal tersebut, sebagai berikut:
- Apakah tujuan perusahaan spesifik.
- Bisakah perusahaan mengukur pencapaian tujuan tersebut.
- Apakah tujuannya dapat dicapai.
- Apakah tujuan tersebut berkaitan dengan perusahaan.
- Berapa lama jangka waktu untuk mencapai tujuan tersebut.
Kapan Perusahaan Anda Membutuhkan KPI Internal Sistem?
Banyak perusahaan yang beralih menggunakan software KPI dari metode konvensional. Software KPI adalah sebuah perangkat lunak yang mampu memproses, menyimpan, dan mengolah data parameter kinerja menjadi sebuah laporan yang dapat dianalisis secara komprehensif. Penggunaan software dinilai lebih efektif dibandingkan cara manual. Sebab, cara manual melibatkan dokumen.
Lalu, apa tandanya bahwa perusahaan Anda butuh Software KPI?
- Pengelolaan Kinerja Tidak Terukur
- Sulit Menentukan Target Kerja
- Kinerja Stagnan
- Penyusunan Laporan Kinerja Tidak Teratur
Apakah perusahaan Anda mengalami salah satunya pertanda di atas? Maka ada baiknya jika perusahaan Anda mulai menggunakan software KPI sebagai alat untuk mengukur performa kinerja setiap karyawan. Memang tidak semua perusahaan mampu membangun sistem software mengandalkan sumber daya internal, namun perusahaan Anda dapat mengandalkan vendor penyedia jasa pembuatan software KPI yang terpercaya.
SoftwareSeni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik yang telah banyak memiliki pengalaman membangun software KPI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.
Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.
Mengapa Harus SoftwareSeni?
Berstandar Internasional
Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.
Tim yang Solid, Besar dan Profesional
Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.
Service yang Beragam
SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.
Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan
SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.
Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.
Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia
Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.