OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Mengenal CRM dan Manfaatnya bagi Perusahaan
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
May 27, 2022

Mengenal CRM dan Manfaatnya bagi Perusahaan

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Sekarang ini, menyadari keintiman hubungan dengan pelanggan merupakan suatu investasi dalam sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, tidak banyak para pelaku bisnis yang sadar akan betapa krusialnya hal ini untuk kelangsungan jangka panjang bisnis. 

Pentingnya kedekatan antara sebuah bisnis dengan pelanggan menjadikan CRM (Customer Relationship Management) makin dilirik oleh banyak pelaku bisnis yang menyadari pentingnya hal ini. Selain untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, pendekatan CRM juga berkembang sebagai media pemasaran yang efektif atau CRM marketing.

Mari pelajari lebih jauh mengenai pentingnya mempelajari CRM untuk kebutuhan jangka panjang bisnis Anda.

Apa Itu Customer Relationship Management (CRM) Marketing?

CRM Marketing (Customer Relationship Management) merupakan strategi dan taktik yang memanfaatkan teknologi untuk mendukung pelaksanaan marketing sebuah perusahaan. Pemanfaatan teknologi ini berperan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan lebih efisien sehingga dapat membuat proses pemasaran berjalan lebih efektif.

Tujuan pendekatan CRM Marketing sendiri adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan hubungan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, tingkat retensi, meningkatkan pendapatan, dan nilai umur pelanggan. Tentunya untuk mengimplementasikan CRM Marketing, Anda tidak perlu repot, karena sekarang sudah ada program sales marketing, yaitu software sales dan marketing yang sudah terintegrasi.

Mengapa CRM Marketing Dirasa Penting?

Memiliki segudang kegunaan dan keuntungan bagi kesuksesan bisnis, metode CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan.

Pendekatan CRM banyak digunakan oleh tenaga penjualan karena membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selain itu, software CRM juga banyak digunakan oleh tim customer service untuk mengelola layanan pasca penjualan.

Akan tetapi, perusahaan tidak hanya menggunakan program CRM Marketing untuk meningkatkan penjualan maupun customer service, tetapi juga untuk mengatur marketing mereka. Sebanyak 60% perusahaan menghabiskan biaya lebih untuk email marketing. Saat ini, beberapa aplikasi CRM sudah terintegrasi dengan aplikasi marketing, bahkan memiliki bergabung menjadi aplikasi sales marketing.

Manfaat Menggunakan CRM Marketing

Pendekatan CRM Marketing pada bisnis mendatangkan beberapa manfaat untuk bisnis. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut: 

Mendapatkan Pelanggan Baru

Pendekatan CRM meninggalkan kesan yang baik dimata pelanggan, sehingga pendekatan melalui CRM memberikan pengalaman menyenangkan pada pelanggan. Sebagai contoh, Anda berusaha untuk memberi ketepatan waktu dalam pengiriman barang yang mereka pesan. Pelanggan yang puas akan ‘mengajak’ pelanggan baru untuk bergabung, secara tidak langsung.

Menambah Nilai Bisnis Dimata Pelanggan

Perusahaan dapat menciptakan hubungan pelanggan yang baik dengan pendekatan CRM Marketing. Caranya dengan menawarkan produk yang sama namun kualitasnya lebih baik. Selain itu, bisa juga menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang telah dimiliki oleh pelanggan.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain menangkap pelanggan baru, pendekatan CRM juga dapat membantu mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Caranya dengan selalu memberi pelayanan terbaik agar mereka tetap menaruh kepercayaan pada produk Anda. Anda juga perlu melayani ketidakpuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!