Hanya dengan membuat platform ecommerce untuk bisnis Anda, tidak serta merta menyebabkan bisnis Anda berkembang dengan cepat. Nyatanya masih ada banyak faktor yang mempengaruhi berkembang atau tidaknya suatu bisnis, terutama di era digital seperti saat ini.
Pembuatan platform ecommerce sendiri dinilai hanya sebagai langkah awal dalam upaya mentransformasi suatu bisnis ke arah digitalisasi. Tak ayal banyak pebisnis yang kemudian berlomba - lomba untuk mentransformasi bisnis mereka ke arah digital dengan membuat platform ecommerce yang serupa.
Sayangnya tidak sedikit pebisnis yang mengabaikan petingnya pengaruh SEO pada platfrom ecommerce mereka, sehingga platform ecommerce yang mereka bangun kurang maksimal dalam menjangkau lebih banyak konsumen yang mereka targetkan.
SEO atau search engine optimization sendiri merupakan serangkaian metode yang digunakan untuk meningkatkan keterlihatan suatu platform website pada hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo, hingga Bing. Selain untuk mengoptimasi keterlihatan pada hasil pencarian search engine, nyatanya SEO tetap memiliki goal utama untuk membuat target konsumen Anda “nyaman” dengan platform ecommerce Anda.
Tanpa adanya optimasi SEO yang baik, bukan tidak mungkin jika platform website Anda akan sepi pengunjung hingga tidak dapat menjangkau target konsumen bisnis Anda. Hal - hal seperti itu terjadi biasanya dikarenakan ketidakpedulian atau ketidaktahuan dari betapa pentingnya peran SEO dalam upaya mengembangkan bisnis di era digital seperti saat ini.
Faktor yang Mempengaruhi SEO
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi SEO dalam sebuah platform website ecommerce, diantaranya adalah
UI/UX Website
UI/UX memegang peranan penting dalam mempertahankan eksistensi user ketika dalam sebuah platform website. Semakin baik UI/UX suatu website, maka akan semakin betah user berlama - lama di dalam website tersebut.
Adapun faktor UI/UX website yang berpengaruh pada SEO adalah posisi penempatan konten pada website tersebut. Dengan menempatkan konten utama yang mudah dijamah oleh user, itu sama artinya konten tersebut mudah untuk di crawl oleh Googlebot karena dalam konten itu sendiri terdapat internal link
Konten dalam Website
Konten merupakan salah satu hal fundamental dalam sebuah website, karena bagaimanapun ketika user datang atau mengunjungi sebuah website, mereka ingin mendapatkan informasi atau konten yang mereka cari. Oleh karena itu penting bagi Anda selaku pemilik bisnis menyajikan konten yang relevan dan sesuai dengan bisnis yang tengah Anda jalani.
Konten dengan topik yang menarik juga dapat meningkatkan trafik website serta berpeluang untuk meningkatkan prosentase konversi dari produk yang dijajakan dalam website tersebut.
Sayangnya tidak sedikit dari pemilik bisnis hanya berorientasi pada trafik yang bisa dihasilkan dari konten yang disajikan, dibanding dengan konversi yang dihasilkan oleh konten tersebut. Sehingga banyak pemilik bisnis yang pada akhirnya menyajikan konten yang sebenarnya tidak relevan pada website mereka dengan dalih konten tersebut dapat meningkatkan trafik website mereka.
Padahal relevansi konten pada sebuah website juga berperan sebagai media branding dari bisnis itu sendiri, semakin relevan konten yang disajikan maka semakin baik untuk branding bisnis yang ditargetkan. Sebaliknya inrelevan konten dapat menyebabkan branding dari sebuah bisnis menurun di mata konsumen atau publik.
Struktur Website
Dan hal yang fundamental lainnya yang mempengaruhi SEO adalah struktur website. Struktur website sangat mempengaruhi SEO. Struktur website disini meliputi bagaimana penulisan script kode yang digunakan, text formating pada HTML code, penamaan URL, sitemap website hingga navigasi website itu sendiri.
Hal tersebut untuk membuat platform website Anda lebih SEO friendly, sehingga Google sebagai search engine dapat dengan mudah melakukan crawl dan perangkingan pada setiap halaman di website Anda
Faktor SEO pada Bisnis Modern
SEO memang memiliki pengaruh yang cukup besar ketika Anda ingin mentransformasi bisnis Anda ke arah digital, dengan sebagai contoh website ecommerce sebagai platform utamanya, dan hasil pencarian search engine sebagai salah satu channel marketing dari bisnis Anda.
Apalagi di era digital secara perlahan namun pasti telah minat dan perilaku belanja masyarakat telah bergeser dari konvensioanl ke digital. Hal itulah yang mendorong banyak pebisnis yang melakukan transformasi digital pada bisnis mereka. Dan SEO merupakan salah satu strategi marketing digital yang dianggap ampuh untuk menjangkau lebih banyak konsumen, serta meningkatkan profit bisnis perusahaan.